Membangun Manajemen Dengan Kegiatan Ekstrakurikuler Yang Berbasis Pengembangan Karakter Siswa SMK Muhammadiyah Kutowinangun

Authors

  • Rismawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya Author
  • Marsudi Lestari Ningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya Author
  • Novianto Eko Nugroho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya Author

Keywords:

Management, Extracurricular, Student Character Development

Abstract

The research conducted aims to explain and describe management with extracurricular activities based on student character  development. Management based on character development involves the utilization of existing resources in the scope of Education so that it can grow and form positive characters for students in the school environment. This character development management focuses on the development of character and positive values of students in the school environment, so that these students become quality individuals who have positive attitudes, strong morals and the ability to adapt to the social environment. This study uses a qualitative descriptive method. The subjects of the study were the principal, vice principal, teachers and students. Data collection techniques were carried out by observation, interviews and documentation. Data analysis used were data collection techniques,
data reduction, data presentation, conclusions or verification. The results of this study state that in principle the development of character of students at SMK Muhammadiyah Kutowinangun based on extracurricular activities that have been implemented based on the principles of effective management consists of the planning, organizing, implementing, supervising and controlling or evaluating processes

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia.

Hambali, A. 2008. Tesis Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler (Studi Deskriptif Kualitaif di SMA Negeri 2 Curup). Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum.

Marzuki, C. 1999. Metodologi Riset. Jakarta: Erlangga.

Melong, Lexy J. 1989. Metodelogi Pendidikan Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Rohiat. 2008. Menjadi Manajer yang Ideal dengan Belajar Sendiri untuk Mendukung Keberhasilan BHP. Bengkulu. Seminar Unib Program MMP.

Sudjana. 2004. Manajemen Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitan Administrasi. Alfabeta: Bandung.

Terry, R.G.1971. Principle Of Management. Ontario: Richard D. Irwin. Inc

Usman. 2006. Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Taufik, R. (2015). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pengembangan Karakter Siswa. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(4).

Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1).

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Nisrinah, N., Mus, S., & Basri, S. (2022). Pengelolaan Layanan Ekstrakurikuler. Jambura Journal of Educational Management, 64-74.

Moleong, L. J. (2006). A. Metode Penelitian. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Mustofa, M., & Sagara, R. D. B. (2015). Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Aktivitas Pltu (Pusat Listrik Tenaga Uap) Paiton Di Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Relasi: Jurnal Ekonomi, 11(1).

Sugiyono, 2000.Metode Penelitian Administratif. Bandung.Alfabeta

Dinata, F. R., & Kuswadi, A. (2024). Manajemen Ekstrakurikuler Bidang Musik dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di SMK PGRI Sumber Agung. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 16-23.

Hambali, I. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 87-93.

II, B. (1989). A. Administrasi Pendidikan.

Salma, F. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Padang, R. (2024). Optimalisasi Manajemen Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Di MTs N 2 Deli Serdang (Doctoral dissertation, UIN Sumatera Utara).

Yuni, A. S., Syaodih, C., Ramadhanty, R. R., & Suhaeni, Y. (2023). Implementasi Ekstrakurikuler Kepramukaan Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Di SMP PGRI 2 Ciparay. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 768-777.

Nurani, R., Syamsudin, T. A., & Insan, H. S. (2021). Manajemen Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Untuk Meningkatkan Disiplin Peserta Didik Dalam Masa Pandemi Covid 19. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 593-604.

Djailani, A. R. (2016). Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1).

FAUZI, A. (2022). Analisis Perencanaan Kebijakan Pembangunan Seribu Jalan Mulus Kabupaten Seluma Tahun 2021 (Doctoral dissertation, Universitas Dehasen BengkulU).

Salma, F. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Tirtoni, F. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Generasi Muda: Di Era Society 5.0. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 210-224.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1).

Nasional, D. P. (2003). Kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta. Indonesia.

Latif, Y. (2009). Menyemai karakter bangsa: budaya kebangkitan berbasis kesastraan. Penerbit Buku Kompas.

Wahono, M. (2018). Pendidikan karakter: Suatu kebutuhan bagi mahasiswa di era milenial. Integralistik, 29(2), 145-151.

Riyani, I. A. P. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Terhadap Norma Agama, Kesopanan, Kesusilaan, dan Hukum Pada Peserta Didik Kelas 7 Di SMPN 1 Gunungsari. TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e-ISSN 2721-9666, 2(2), 126-132.

Khatimah, H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Widya Accarya, 13(2), 127-132.

Adib, N. (2020). Pendidikan multikultural pada budaya sekolah: studi kasus pada Pendidikan Menengah di Pangkalpinang, Bangka.

Warisno, A. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5073-5080.

Ichsan, F. N. (2021). Implementasi perencanaan pendidikan dalam meningkatkan karakter bangsa melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13(2), 281-300.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Membangun Manajemen Dengan Kegiatan Ekstrakurikuler Yang Berbasis Pengembangan Karakter Siswa SMK Muhammadiyah Kutowinangun. (2024). FORECASTING : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 6(2), 163-175. https://e-journal.unimaju.ac.id/index.php/FJIIM/article/view/94